MANFAAT VITAMIN C UNTUK KESEHATAN

 

(Bentuk Berbagai Macam Suplemen Makanan Vitamin C)

MANFAAT VITAMIN C UNTUK KESEHATAN

MENGENAL VITAMIN C SECARA UMUM

Secara umum orang-orang awam mengenal Vitamin C terutama untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan sistem imunitas. Kita juga sering menandai teman kita yang sedang mengalami sariawan sebagai akibat dari kekurangan Viatamin C. Selain dari dua manfaat di atas bahwa manfaat Vitamin C masih banyak sekali, mau itu untuk kesehatan atau kecantikan.

Vitamin C dapat kita temui dari beberapa makanan yang mungkin sering kita makan, contohnnya seperti jenis buah dan sayuran, jeruk, pepaya, tomat, lemon, stroberi, kol, arbei, asparagus, mentega, susu, hati, kentang, serta ikan. Oleh karena itu apabila kita ingin memenuhi kebutuhan Vitamin C untuk tubuh kita terpenuhi maka kita diajurkan makan-makanan yang mengandung Vitamin C seperti buah dan sayuran, tetapi apabila kita sulit dan tidak ada waktu untuk memakan salah satu makanan di atas, anda bisa meminum Suplemen Vitamin C.

Setiap orang membutuhkan kadar Vitamin C yang berbeda-beda pada umunya tergantung pada gaya hidup atau kebiasaan setiap hari individu tersebut. Seorang perokok akan membutuhkan Vitamin C lebih tinggi karena rokok akan menghilangkan kadar Vitamin C dalam darah sampai 25%. Kafein dalam minuman kopi juga memberikan efek yang serupa.

Baca Juga: Manfaat Madu Sangat Baik Untuk Kesehatan

MANFAAT VITAMIN C UNTUK KESEHATAN

Menurut Arianto (2018, pp. 53-54) menjelaskan berbagai manfaat Vitamin C untuk kesehatan yang perlu anda ketahui:

·        Mencegah dan Menangkal Kanker

Vitamin C kaya akan unsur antioksidan yang sangat efektif dalam menangkal radikal bebas di seluruh tubuh dan baik untuk mencegah dan menangkal penyakit kardiovaskular, kanker maupun stroke. Banyak penelitian menemukan bahwa konsumsi secara rutin buah dan sayuran yang kaya akan Vitamin C mampu mencegah dari resiko terkena dari penyakin kanker maupun berbagai jenis penyakit degenerative.

·        Menjaga Kesehatan Gusi dan Gigi

Asupan Vitamin C akan mencegah terjadinya hipoaskorbemia atau defisiensi asam askorbat yang menjadi penyebab perdarahan pada gusi dan gigi mudah goyang dan lepas akibat kondisi gusi yang tidak sehat. Hipoaskorbemia juga bisa menyebabkan depresi, otot lemah, cepat lelah, lidah pecah, kulit kasar, dan mulut yang mudah berdarah.

·        Mengatasi Masalah Keputihan

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi Vitamin C dengan dosis 250 mg selama seminggu menurunkan dan menormalkan tingkat keasaman atau pH pada Vagina. Hal ini juga berguna dalam mengobati bacterial vaginosis atau infeksi pada vagina yang menjadi penyebab akibat keputihan.

Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun Sangat Luar Biasa

(Salah Satu Jus Buah Yang Terdapat Vitamin C)

·        Meningkatkan Mood dan Semangat Hidup

Kondisi psikologi seseorang ternyata dipengaruhi oleh kondisi vitamin dalam darah. Semakin tinggi kadar vitamin ini dalam darah akan makin tinggi pula gairah dan semangat hidup seseorang. Bahkan asupan Vitamin C secara teratur akan membantu menjaga Mood dan suasana hati seseorang.

·        Menghaluskan Kulit dan Mengatasi Penuaan Dini

Sifat antioksidan dalam Vitamin C sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit, terutama untuk menangkal berbagai radikal bebas maupun pengaruh buruk dari paparan sinar ultraviolet dari matahari. Manfaat Vitamin C dengan cara mengonsumsi secara rutin sangat berguna untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan noda hitam maupun kerutan tanda penuaan.

(Arianto, 2018, pp. 53-54).

Baca Juga: Penyakit Yang Berhubungan Dengan Karbohidrat

MANFAAT VITAMIN C YANG LAIN

Vitamin C yang juga dikenal sebagai asam askorbat meruapakan jenis vitamin larut air yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu manfaat vitamin C adalah fungsinya dalam menjaga struktur kolagen, jenis protein yang berhubungan dengan berbagai jenis jaringan dalam tubuh, seperti jaringan kulit, serabut, tulang rawan, urat, maupun jaringan yang lainnya. Jika struktur kolagen terjaga dengan baik sangat berguna dalam mengatsi berbagai masalah, seperti luka ringan, pendarahan kecil, memar hingga patah tulang (Arianto, 2018, p. 51).

Perain Nobel dalam bidang kedokteran pada tahun 1937, Albert Szent-Gyorgyi berhasil atas temuannya bahwa Vitamin C bisa mengkal dan menyembuhkan sariawan. Penelitian lain juga menemukan bahwa kecerdasan otak juga dipengaruhi oleh kadar Vitamin C dalam darah.

Baca Juga: Jenis dan Sifat Vitamin Yang Larut Dalam Air Dan Lemak

EFEK SAMPING VITAMIN C

Menurut Amaliya (2020, pp. 34-35) menjelaskan Vitamin C memiliki efek samping atau efek yang tidak diharapkan berkaitan dengan dosis yang diberikan. Diare atau kram perut bisa terjadi apabila Vitamin C dalam dosis beberapa gram ditelan sekaligus. Pemberikan Vitamin C dalam dosis tinggi sebesar 3 gram secara intra vena menyebabkan hiperurikosuria (kadar asam urat berlebih pada urin) pada beberapa pasien. Pada subjek yang sehat, ekskresi oksalat pada urin meningkat pada pemberian 1000 mg atau lebih per hari, sehingga pada orang yang dengan hiperoksaluria yang telah terjadi sebelumnya, pemberian vitamin c dengan dosis tinggi dapat membahayakan. Pada orang yang sehat, dosis yang di anggap aman agar tidak terjadi pengkatan ekskresi oksalat adalah kurang dari 1000 mg per hari.

Baca Juga: Kandungan Zat Dalam Jahe Untuk Kesehatan

Jangan Lupa Langganan (Gratis), Share dan Comment Agar Tidak Ketinggalan Artikel Terbaru Dari Journal Extract. Terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA

Amaliya. (2020). Vitamin C dan Penyakit Periodontal Dari Scurvy Hingga Periodontitis (D. E. Restiani Ed.). CV Jejak, Anggota IKAPI: Sukabumi.

Arianto, Y. C. K. (2018). 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan: Venom Publisher: Venom publisher.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN MATEMATIKA MENURUT 6 PARA AHLI

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PERBEDAAN ANTARA JIWA DAN NYAWA

JENIS JENIS KEKERASAN ANAK (CHILD ABUSE)

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN

SELF-CONTROL (PENGENDALIAN DIRI)

TAHAP PEMBELAJARAN MOTORIK

KANDUNGAN ZAT DALAM JAHE UNTUK KESEHATAN